Tips Agar Bisa Me Time untuk Para Ibu

Melewatkan waktu berkualitas sendirian tanpa gangguan siapa saja, atau me time, merupakan hal yang penting dilakukan siapa saja, termasuk ibu rumah tangga. Apalagi beban pekerjaan sebagai ibu rumah tangga sangatlah berat, terutama bila anak yang dimiliki tak hanya satu, namun dua atau bahkan lebih. Belum lagi bila harus mengerjakannya semua itu sendirian. 

Namun, tentu saja sebagai ibu rumah tangga, waktu yang dimiliki serasa tak cukup untuk sekadar bernapas lega dan tak melakukan apa-apa. Apalagi bila tak ada anggota keluarga atau orang lain yang bisa dititipkan anak. Nah, beberapa tips berikut ini bisa dilakukan untuk membantu mengatur waktu me time. 

1. Melatih anak beraktivitas sesuai jadwal

Ibu harus membuat jadwal yang rutin dilakukan si kecil setiap harinya, dan pastikan mereka terbiasa dengan jadwal tersebut. Dengan demikian, ibu juga bisa memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk me time

2. Manfaatkan waktu tidur anak dengan maksimal

Waktu tidur anak adalah waktu terbaik untuk bersantai. Walau ada kalanya ingin membereskan seluruh pekerjaan rumah, percayalah kalau pekerjaan tersebut tak akan kunjung selesai. 

Sesekali abaikan semua pekerjaan tersebut dan luangkan waktu untuk sekadar melakukan hal-hal yang disukai, seperti membaca buku, menonton, merawat diri, dan lainnya.  

2. Meminta bantuan pasangan

Mengurus rumah tangga bukan pekerjaan istri saja, suami pun harus turut membantu. Biar tak kewalahan, mintalah bantuan suami untuk sekadar menjaga anak 2-3 jam di akhir pekan, ketika ia sedang tak bekerja. 

Kemudian, manfaatkan waktu tersebut untuk melakukan me time, misalnya dengan hangout di kafe dekat rumah, jalan-jalan di taman, atau ke salon. 

3. Melibatkan anak dalam aktivitas sehari-hari

Ada beberapa anak yang memiliki kesulitan untuk lepas dari ibunya. Bila anak Anda termasuk tipe demikian, cobalah ajak si kecil untuk terlibat dalam aktivitas sehari-hari. Seringkali mereka hanya perlu disibukkan oleh suatu kegiatan agar bisa lepas sebentar dari ibunya. 

Misalnya, bila ibu sedang perlu waktu untuk menulis sesuatu, ajak anak melakukan kegiatan serupa, misalnya memberikan pensil warna dan buku gambar. Meski anak ada di sebelah ibu, ia akan sibuk sendiri dengan aktivitasnya. 

Meluangkan waktu untuk me time memang tak mudah, sehingga ibu perlu pintar-pintar mencari celah di tengah kesibukan mengurus anak dan rumah tangga. Semoga tips di atas membantu ya!