Cara Menenangkan si Kecil Saat Menangis Tanpa Memberikan Gadget

Anak yang sedang rewel dan menangis kerap membuat orangtua pusing dan hilang kesabaran. Terlebih bila hal ini dilakukan di depan umum.

Ketimbang malu menghadapi si kecil yang menangis kencang, orangtua kemudian menyodorkan gadget sebagai solusi tercepat untuk menenangkan anak. 

Namun, solusi ini tentu tak bisa diberikan terus-menerus. Selain bisa memicu dampak buruk terhadap perkembangan emosional anak, anak berusia di bawah lima tahun disarankan untuk tidak terpapar layar gadget selama lebih dari satu jam per hari untuk menjaga fungsi otak si kecil. 

Nah, biar bisa tetap menenangkan si kecil tanpa gadget, orangtua bisa melakukan beberapa hal berikut ini. 

1. Memahami perasaan si kecil

Anak usia balita umumnya belum memiliki keterampilan untuk mengatasi masalah, dan hanya bisa mengungkapkan perasaan dengan berteriak dan menangis. Karena itu, orangtua bisa mengajarkannya mengutarakan perasaan saat ia sedang rewel sehingga ia mengenali jenis emosi tersebut. 

Hal ini dapat membuat si kecil merasa kalau orangtua memahami apa yang ia rasakan, dan ke depannya ia tidak perlu terus berteriak dan menangis untuk menarik perhatian. Jangan lupa beri kesempatan si kecil untuk bicara dan mengekspresikan emosinya. 

2. Bicara dengan nada lembut

Saat anak mulai rewel dan menangis, orangtua harus menahan emosi dan menghindari memarahi dan membentak si kecil dengan nada tinggi. Justru dengan cara ini, anak bisa saja semakin marah dan menangis kencang.

Karena itu, orangtua bisa menenangkan si kecil dengan bersikap tenang dan berbicara secara lembut. Hal ini bisa membantu meredakan emosinya. 

3. Ajak bermain 

Ketimbang membiarkannya bermain gadget, orangtua bisa mengajaknya melakukan permainan yang ia sukai, atau aktivitas lain yang bisa mengalihkan perhatiannya, seperti menyanyi dan menari. Selain menenangkan si kecil, hal ini bisa dilakukan untuk mendekatkan diri dengan anak. 

4. Berikan pujian dan pelukan

Saat anak menangis, berikan pujian atas usaha mereka untuk mengekspresikan emosinya. Setelah itu, orangtua bisa memberikan pengertian tentang cara mengekspresikan emosi dengan lebih baik. 

Orangtua juga bisa memberikan pelukan untuk menenangkan anak dan membuatnya merasa aman dan dipedulikan. Pelukan juga terbukti mampu mengurangi rasa stres dan memperbaiki komunikasi antara si kecil dengan orangtua.